Monday, December 7, 2009

Pengantar Geofisika

Geofisika merupakan suatu bidang ilmu yang memngimplementasikan prinsip – prinsip fisik dalam mempelajari Bumi untuk dapat memperoleh permodelan keadaan Bumi.

Ilmu geofisika meliputi:

· meteorologi

· Geofisika Bumi :

o seismologi, ilmu yang mempelajari gempabumi,

o Volcanology, ilmu tentang gunungapi volcanology,

o geodinamika,ilmu yang mempelajari dinamika pergerakan lempeng Bumi

o eksplorasi seismik, yang digunakan dalam pencarian hidrokarbon.

· Oceanografi


Geofisika memanfaatkan pengukuran permukaan bumi dari parameter – parameter fisika yang dimiliki batuan untuk dapat mengetahui sifat – sifat batuan dan kondisi permukaan bawah bumi baik secara verikal maupun horizontal. Oleh karena itu geofisika sering dipakai untuk mengetahui struktur suatu batuan, eksplorasi mineral dan migas, dan berbagai aplikasi dalam geotektonik.

Dalam melakukan pengukuran geofisiska memanfaatkan dua metode, yaitu metode aktif dan metode pasif:

· Metode aktif : merupakan metode yang pengukurannya memanfaatkan gelombang buatan gangguan yang dikirimkan ke Bumi lalu mencatat respon yang diberikan oleh Bumi. Misalnya dengan memanfaatkan ledakan dinamit, pemberian arus listrik ke dalam tanah, pengiriman sinyal radar dan lain sebagainya.

· Metode pasif : merupakan metode yang dalam melakukan pengukuran memanfaatkan medan alami yang dipancarkan oleh bumi. Misalnya dengan meanfaatkan radiasi gelombang gempa bumi, medan gravitasi bumi, medan magnetik bumi, medan listrik dan elektromagnetik bumi serta radiasi radioaktivitas bumi.

Referensi :

http://hendragrandis.files.wordpress.com/2008/09/inversi_2008.pdf

http://id.wikipedia.org/wiki/Geofisika

http://bbmgwil2.bmg.go.id/Teori%20Seismologi.php

2 comments: